Membangunkan Kembali Tradisi Pawai Obor Ramadhan di Morowali

  • Whatsapp
PAWAI Obor sambut Bulan Ramadhan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.(foto:adibogel)
banner Idul Adha

MOROWALI, Brita.id- Ribuan warga Morowali menyambut Bulan Ramadhan 1440 hijriah/Tahun 2019 dengan melaksanakan pawai obor. Pawai obor ini merupakan pertamakali dilakukan di Kabupaten penghasil nikel itu dalam menyambut Ramadhan.

“Pawai obor menyambut Ramadhan ini merupakan hal yang terbilang baru di Morowali, Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan penuh pengampunan ini,” kata Wakil Bupati Morowali, Najamudin yang ditemui Brita.id di lokasi pawali, Sabtu malam.

Sebelumnya, ada beberepa tradisi lainnya yang dilakukan masyarakat Morowali saat memasuki Bulan Ramadhan, salah satunya kegiatan ndengu-ndengu, atau membangunkan masyarakat untuk makan sahur dengan menggunakan sebagai jenis alat bunyi-bunyian.

Kegiatan pawai obor ini diselenggerakan oleh Karang Taruna Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali.

Ketua Karang Taruna Desa Matansala, Hasrianto mengungkapkan, pawai obor dilakukan sebagai ajang silaturahmi sekaligus memberikan hiburan tersendiri bagi warga saat memasuki Bulan Ramadhan tahun ini.

“Kami ingin budaya yang bisa dibilang sudah hampir hilang, dapat diangkat kembali, apalagi budaya religi seperti ini. Pawai obor menyambut Bulan Ramadhan adalah kegiatan lama yang sudah jarang terlihat di Morowali. Alhamdulillah saat pawai dengan berjalan kaki berjalan tertib,” tuturnya.

Wakil Bupati Najamudin mengatakan, di tahun mendatang, pemerintah Kabupaten Morowali akan menyelenggarakan pawai obor jelang Ramadhan berskala kabupaten.(ADI)

 

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60