Gempa Bumi Guncang Palu-Donggala Rabu pagi, Ribuan Warga Mengungsi

  • Whatsapp
banner Idul Adha

DONGGALA, Brita.id– Gempa bumi bermagnetudo 5,0 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Rabu pagi (13/13/2018), sekitar pukul 08:50 Wita.

Warga di Desa Lompio, Kecamatan Sirenja, dilaporkan berhamburan keluar rumah saat terjadinya gempa. Mereka berkumpul di jalan raya dan lapangan yang berada di sekitar lingkungan mereka.

Bahkan Ribuan warga dilaporkan telah mengungsi ke pegunungan wilayah itu, untuk memenuhi rasa aman mereka dengan membawa barang berharga.

WARGA di Desa Lompio, Kecamatan Sirenja mengungsi, Rabu pagi (foto:ist)

Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Eka yg berada di Lompio mengatakan, saat ini warga mengungsi ke pegunungan yg sebelumnya menjadi salah satu lokasi pengungsian warga, pascagempa 28 September 2018 silam.

“Warga khawatir gempa susulan dan tsunami, jadi mereka memilih mengungsi ke kaki gunung. Kami dari relawan ACT membantu mereka mengangkat barang mereka ke kendaraannya,” Kata¬† Eka, relawan ACT.

Menurutnya, meski gempa hanya bermagnetudo 5,0, namun getarannya cukup kuat dirasakan di wilayah ini.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,01 LU dan 119,66 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 KM arah utara Kabupaten Donggala pada kedalan 10 KM.(CN)

Idul Fitri Kab Morowali
banner 468x60