Satu PDP di Poso Terkonfirmasi Positif Corona, Warga Diminta tak Panik

  • Whatsapp
OTORITAS Kesehatan dan Pemkab Poso mengumumkan seorang pasien di wilayah itu terkonfirmasi positif Virus Corona.(foto:rahman/brita.id)
banner Idul Adha

POSO,Brita.id– Satu orang warga Poso yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini di rawat di RSUD Poso, terkonformasi positif Virus Corona atau Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab menggunakan metode Polymerase Chain Reaction(PCR).

“Dari dua orang yang berstatus PDP di Poso, pasien nomor 01 terkonfirmasi positif, setelah hasil pemeriksaan swab  menggunakan metode Polymerase Chain Reaction(PCR) keluar dari laboratorium di Makassar, ” kata Juru Bicara Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso,  dr. Marwan Neno yang didampingi Ketua Gugus Tugas, Darmin Agustinus Sigilipu yang juga Bupati Poso, Sekkab Poso, Yan Edward Galuda, saat konferensi pers, Rabu (15/4/2020) di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso.

Marwan menyebutkan, kasus positif ini berasal dari PDP 01 dan kondisi pasien PDP dalam keadaan stabil dan sehat serta dalam perawatan tim medis gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Poso.

“Dengan adanya warga Poso  terkonfirmasi positif ini, masyarakat di Kabupaten Poso tetap tenang dan tidak cemas serta mengikuti anjuran pemerintah, tetap lakukan sosial distancing,  phisycal distancing, memggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun,  terapkan PHBS serta stay at home, jika tidak ada kepentingan mendesak tidak keluar rumah, serta makan makanan yang bergizi, ” imbaunya. 

Dia mengimbau, bagi petugas dan orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien PDP yang terkonfirmasi positif yakni pasien 01,  diharapkan kesadarannya segera melapor ke petugas puskesmas terdekat untuk pendataan dan rencana untuk tindaklanjut.

” Ini sangat diharapkan kesadarannya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Poso, tandasnya. 

Berdasarkan data yang ada di gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Poso, per tanggal 15 April 2020 pukul 16.30 Wita,.tercatat jumlah pelaku perjalanan sejumlah 4.320 orang, sedang dipantau sebanyak 1.855 orang dan selesai dipantau 2.465. Status ODP total 13 orang,  sedang dipantau 4 orang dan selesai dipantau 9 orang. Status OTG total sebanyak 4 orang, sedang dipantau sebanyak 2 orang dan selesai dipantau sebayak 2 orang. Status PDP total sebanyak 2 orang,  sedang dipantau sebanyak 1 orang dan selesai dipantau 1 orang dan pasien berstatus PDP terkonfirmasi positif 1 orang. (AAN/JIR)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60