Cegah Serangan DBD, Dinkes Bagikan Serbuk Abate ke Warga

  • Whatsapp
Suasana pihak Dinkes menaburkan bubuk abate di rumah warga
banner Idul Adha

POSO, Berita.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Poso membagikan bubuk abate kepada warga di Kota Poso, sebagai upaya mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah itu.

Pembagian serbuk abate dilakukan dengan cara ditaburkan ke bak mandi hingga tempat penampungan air milik warga yang berada di Kelurahan Kasintuwu dan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara, Sabtu (19/1/2019).

Tak hanya rumah-rumah warga saja, pihak Dinkes Poso mendatangi tempat penampungan air yang berada dirumah-rumah ibadah, tempat umum hingga baik air milik sekolah untuk menaburkan serbuk abate tersebut.

Kadis Dinkes Kabupaten Poso, dr. Taufan Karwur mengatakan, pembagian serbuk abate tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya DBD di wilayah Poso yang pada tahun 2018 kasus DBD cukup meningkat, sehingga hal tersebut membantu warga Poso agar terhindar penyakit DBD.

“Iya sejak akhir tahun 2018 hingga awal tahun ini ada terjadi peningkatan kasus DBD di wilayah Poso. Jadi kami baru-baru ini melakukan penyelidikan ebidiologis dan kemudian melakukan koordinasi sehingga kami melakukan pencegahan melalui abatisasi,” ucap Kadis Taufan.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Poso, Permanas menyampaikan, kegiatan ini dilakukan lebih awal sebelum terjadinya kasus DBD. Sementara abatisasi atau pemberian serbuk abate dilakukan merupakan tindakan menekan populasi jentik nyamuk.

Menurutnya, jika jentik sudah mati populasi nyamuk akan berkurang dan nyamuk tidak tumbuh dewasa dan proses penularan nyamuk bisa ditekan.

“Apa yang dikhawatirkan masyarakat soal DBD yang sudah menimbulkan wabah penyakit bisa kami antisipasi dari sekarang,” jelasnya.

Permanas menambahkan, jika tahun 2018 sebanyak 81 kasus penyakit DBD yang terjadi di wilayah Poso. Abatisasi akan berlanjut ke daerah endemis DBD yang berada di wilayah Poso kota lainnya dan Poso Pesisir dalam menekan angka tingginya kasus DBD.

Penanggung Jawab Program pada Dinkes Poso, Sofia Widiastuti  mengatakan, ada sebanyak delapan tim berjumlah lima puluh orang gabungan Dinkes Poso dan pihak Puskesmas Lawanga yang disebar unt uk membagikan serbuk abate ke masyarakat. AAN/JR

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60