Upaya Percepatan Pemulihan Pascabencana, Walikota Palu Berkunjung ke Jepang

  • Whatsapp
TAMPAK Seorang ibu bersama anaknya berupaya menyelamatkan diri saat gempa, tsunami, dan likuefaksi menerjang Kota Palu, Jumat 28 September 2018 silam.(foto:ist)
banner Idul Adha

JEPANG, Brita.id- Walikota Palu, Hidayat, mengunjungi Kota Higashi Matsushima, Jepang, Jumat (26/4), waktu setempat. 

Kunjungan ini untuk meningkatkan kerjasama, khususnya dalam kepentingan rekonstruksi pascabencana gempa bumi, tsunamu, dan likuefaksi di Sulteng, dengan merujuk pada upaya rekonstruksi dari Gempa Besar Jepang Timur.

Selain Walikota Palu, Kunjungan ke Higashi-Matsushima ini, juga melibatkan 15 pejabat pemerintah yang bekerja pada proyek rekonstruksi pascabencana di Sulteng.

Kunjungan ini dimulai dengan mendatangi Aula Transfer Rekonstruksi Bencana Gempa Bumi di distrik Noh. Disini,  Walikota Palu dan pejabat lainnya, memaparkan gambar dan foto-foto gempa, serta menjelaskan tentang pembukaan lahan pmukiman baru bagi warga terdampak bencana, di lokasi yang datarannya lebih tinggi, salah satunya Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Dalam kesempatan ini, peserta kunjungan juga memaparkan tentang permintaan pemulihan di masa yang akan datang.

Sementara, Higashi-Matsushima City terus bertukar informasi dengan mengirim staf ke Indonesia pada bulan Februari, sebagai upaya menyebarkan pelajaran gempa.

“Saya merasa penting untuk meninggalkan catatan, jadi saya ingin mengumpulkan foto dan video di Indonesia dan ingin menyampaikan kerusakan kepada generasi mendatang, agar mereka lebih siap menghadapi gempa bumi yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” Ungkap Walikota Palu dalam pertemuan. 

Dirinya berharap, pertemuan ini dapat memberikan nilai tersendiri dalam membangun Kota Palu, pascagempa 28 Sptember 2018 silam.(jir/nnw)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60