Pesan Bupati Morowali di Peringatan HUT Lord Baden Powell

  • Whatsapp
banner Idul Adha

MOROWALI,Brita.id– Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Lord Baden Powell (Bapak Pandu Dunia) ke-163 berlangsung di Bumi Perkemahan Mateantina, Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (19/2/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Morowali dan diikuti sekitar 1.000 orang Gudep Pramuka dari seluruh Kabupaten Morowali.

Dihadapan para peserta, Bupati Morowali, Taslim menceritakan sejarah singkat Lord Baden Powell yang menciptakan dan menerapkan sistem pembinaan kaum muda, melalui kegiatan kepanduan yang dilakukan pertama kali di Inggris dan kemudian menyebar ke seluruuh dunia, termasuk Indonesia yang sampai saat ini dikenal dengan nama Pramuka.

“Mengutip sebait pesan Lord  Baden Powell yang ia tulis sebelum ia meninggal pada tanggal 8 Januari 1941, usaha menyelidiki alam akan menimbulkan kesadaran dalam hatimu, betapa banyaknya keindahan dan keajaiban yang diciptakan oleh Tuhan di dunia ini, agar kamu dapat menikmatinya. Lebih baik melihat kebaikan-kebaikan pada suatu hal, dari pada  mencari kejelekannya. jalan nyata menuju kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain,” tutur Taslim.

Lebih jauh dirinya mengatakan, tujuan utama kegiatan peringatan ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memupuk persatuan dan tali persaudaraan serta menumbuhkan dan menjaga semangat cinta tanah air, sehingga terbentuk generasi muda yang tangguh.

“Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan, Ihklas bakti bina bangsa, berbudi bawa laksana. Tumbuhkan karakter yang baik kepada adik-adik pramuka. Wujudkan yang benar dengan cara yang benar dan tunjukan kesalahan mereka dengan cara yang benar pula,” tutur Taslim.

Kegiatan ini dihadiri Ketua TP- PKK Kabupaten Morowali Asnoni Taslim, perwakilan Kemenag Morowali, Polsek Bungku,  Koramil Bungku Tengah, serta para Pimpinan OPD Pemkab Morowali.(adi/jir)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60