Relasi KPU Poso Ikut Bimtek

  • Whatsapp
Sebanyak 55 Orang Relawan Demokrasi saat mengikuti Bimtek yang diberikan KPU baik Provinsi maupun Kabupaten Poso. FOTO : IST
banner Idul Adha

POSO, BRITA.ID – Puluhan relawan demokrasi (Relasi) yang direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso diberi bimbingan teknis (Bimtek).
Bimtek bagi Relasi KPU Poso tersebut digelar selama sehari, Kamis (24/1/2019) di Aula Otanaha Hotel Poso. Sebelumnya, KPU Poso menyatakan sebanyak 55 orang Relasi dinyatakan lulus beberapa waktu.
Narasumber dalam bimtek tersebut yakni Komisioner KPU Provinsi Sulteng Divisi Teknis dan Hukum, Samsul Gafur , Komisioner KPU Provinsi Sulteng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Sahran Raden Ketua KPU Kabupaten Poso Budiman Maliki, Serta anggota Komisioner KPU Kabupaten Poso.
Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki dalam sambutan pembukaanya mengatakan, tujuan diadakannya relawan demokrasi untuk bisa mencutter (mencegah) isu isu hoax serta dapat mendorong kepercayaan kepada publik dan meningkatkan keseriusan serta peran dan partisipasi publik utamanya kelompok masyarakat sipil dalam mengawal proses demokrasi di 2019.
Budiman berharap kepada sejumlah relawan yang ikut Bimtek tersebut secara prinsip bekerja sosial, menjadi penyambung lidah KPU sesuai basis pemilih yang telah ditentukan agar kualitas pemilu mendatang semakin baik.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, partisipasi pemilih meningkat serta kepercayaan publik terhadap penyelenggara juga demikian, hingga masyarakat semakin sadar akan hak pilihnya termasuk pemilu merupakan tanggung jawaban bersama,” ujar Budiman.
Sementara itu, Komisioner KPU Sulteng Sahran Raden menambahkan, jika sistem pemilu adalah barometer dalam memilih pemimpin bangsa, kesuksesan dalam pemilu ada partisapasi yang tinggi dari masyarakat.
Ditambahkannya, pemilu sebelumnya dari 9 wilayah kabupaten dan kota yang menggelar pemilu, Sulteng, Kabupaten Poso merupakan wilayah yang paling tertinggi partisipasinya. AAN

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60