Cegah Covid-19, Pemkab Poso Gelontorkan Rp1,5 Miliar

  • Whatsapp
BUPATI Poso, Darmin Agustinus Sigilipu memberikan keterangan pers terkait Covid-19.(FOTO:RAHMAN)
banner Idul Adha

POSO,Brita.id– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso rencananya gelontorkan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk pencegahan dan penanggulangan Virus Corona (Covid-19) di daerah itu.

“Kita rencanakan dana sebesar 1,5 miliar rupiah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 dan hal itu akan dibicarakan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta minta persetujuan DPRD,” kata Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, usai pembentukan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Poso. 

Bupati menyebutkan, anggaran itu diharapkan mencukupi untuk digunakan dalam menangani dan menanggulangi masalah Covid-19 di daerah ini.

“Nanti dilihat, jika anggaran itu tidak mencukupi, kita akan tambah lagi, tentunya akan dibicarakan dengan TAPD dan DPRD Kabupaten Poso,” ujarnya. 

Bupati menjelaskan, dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 Pemkab Poso telah melakukan berbagai upaya.

Selain membentuk gugus tugas,  upaya yang dilakuakn yakni menyebar tempat cuci tangan di fasilitas-fasilitas umum seperti di Lapangan Maroso, dan ruang terbuka hijau Taman Maroso serta menginstruksikan semua instansi untuk mengadakan tempat cuci tangan di depan kantornya.

“Mari kita budayakan mencuci tangan dan menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat di lingkungan masing masing,  jaga jarak satu dengan lainnya  dalam berinteraksi sosial dan  tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang banyak,” paparnya. 

Selain itu kata Bupati, pihaknya melakukan langkah-langkah konkrit dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan covid-19,  dengan membentuk Posko Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 yang dipusatkan di Kantor BPBD setempat.

Bupati menambahkan,  Pemkab Poso juga akan memperketat pemeriksaan di wilayah perbatasan guna menekan penyebaran Virus Corona masuk  ke wilayah Kabupaten Poso. Untuk Poso ada lima titik pintu masuk wilayah perbatasan yang akan diperketat.

“Pintu-pintu masuk wilayah perbatasan yang akan diperketat pemeriksaan terkait Covid-19 sepert di perbatasan Kabupaten Poso dengan Parigi Moutong,  Perbatasan dengan Sulsel, Perbatasan dengan Kabupaten Morowali Bersaudara, Perbatasan dengan Kabupaten Tojo Una-Una dan perbatasan dengan Kabupaten Sigi, ” tandasnya.(MAN/JIR)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60