Gempa Teluk Palu, Warga Diminta tak Terpancing Isu Sesat dan Ikuti Perkembangan Gempa Lewat Sumber Resmi BMKG

  • Whatsapp

PALU,Brita.id– Terkait gempa bumi bermagnitudo 2,9 yang berpusat di Teluk Palu, Selasa (25/5/2021), sekitar pukul 11:31 WITA, BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus memantau perkembangan melalui sumber resmi BMKG.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” kata Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar, ST.

Berita Lainnya

Idul Adha Perindo

Dirinya menjelaskan, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Meskipun berpusat di laut, gempa tektonik 2.9, dengan episenter  koordinat 0.86 LS – 119.85 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Palu, 5 Km arah barat laut Palu, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 7 Km tidak berpotensi tsunami.

Sesuai lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Palu Koro.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II-III MMI di Palu. 

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Sujabar.(jir/**)

Pos terkait

banner 468x60