Tanpa Gejala, Dua Warga Poso Ini Ternyata Positif Corona Berdasarkan Swab Tes

  • Whatsapp
banner Idul Adha

POSO, Brita.id– Dua Orang Tanpa Gejala (OTG)  di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19. Dengan demikian jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi positif di Poso bertambah menjadi Tiga kasus dari sebelumnya Satu kasus.

“Iya benar jumlah kasus Covid terkonfirmasi positif di Poso menjadi tiga orang karena ada ketambahan dua orang setelah tim gugus tugas covid-19 Poso menerima hasil pemeriksaan swab menggunakan metode Polymerase Chain Reaction(PCR) dinyatakan positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno ke Posko Jurnalis LiputanCovid-19, Jumat (24/4/2020) malam. 

Dia menjelaskan, riwayat dua kasus terkonfirmasi positif itu yakni, Satu disebabkan adanya kontak dengan pasien 01 yang saat ini sedang  dirawat dan menjalani isolasi di RSUD Poso, sedangkan satu lainnya yakni warga Desa Pandayora, Pamona Selatan yang terpapar saat berada di Desa Baliase, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

“Satu pasien merupakan anak dari pasien 01 yang masih berumur 11 tahun. Sedangkan yang satunya diketahui terjangkit dan berkontak langsung saat berada di Baliase,” sebutnya. 

Dia menambahkan, hasil pemeriksaan swab PCR kedua kasus baru tersebut diterima tim gugus tugas Poso, per tanggal 24 April 2020 dan keduanya masuk dalam OTG serta saat ini sedang dirawat di RSUD Poso.

Dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi  positif di Poso, Dia mengimbau agar masyarakat tidak mengabaikan anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker,  menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tetap berada di rumah saja,  jika tidak ada keperluan mendesak di luar rumah.

Dari data Gugus Tugas Pencegahan,  Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso per tanggal 24 April 2020 pukul 14.00 Wita, tercatat Total kasus terkonfirmasi sebanyak 3 kasus,  kasus baru sebanyak 2 kasus dan nol sembuh. Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang , PDP bukan Covid satu orang.

Total orang tanpa gejala sebanyak 61 orang dari sebelumnya 48 orang. OTG selesai dipantau 27 orang dan OTG saat ini sebanyak 34 orang.

Total Orang Dalam Pemantauan sebanyak 16 orang. ODP selesai dipantau sebanyak 15 orang. ODP aaat ini satu orang.

Pelaku perjalanan sebanyak 5.998 orang. Selesai pemantuan sebanyak 4.479 orang atau 74, 7 persen dan sedang dipantau sebanyak 1.519 orang atau 25,3 persen.(AAN/JIR)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60