Hotel Wisata Poso Alih Fungsi Jadi Ruang Isolasi Covid-19, Penanganan Disimulasikan

  • Whatsapp
banner Idul Adha

POSO,Brita.id– Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Poso, Sulawesi Tengah melalui Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Poso, menggelar simulasi penanganan pasien.

Simulasi yang digelar Sabtu (4/4/2020) di halaman Hotel Wisata tersebut, diikuti seluruh petugas gugus tugas Covid-19 yang ada di 19 kecamatan Kabupten Poso.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dalam arahannya mengatakan, simulasi penanganan pasien Covid1-19 di Kabupaten Poso, sebagai langkah maju dan upaya memberikan pemahaman terhadap standar penanganan pasien Covid-19. Sehingga saat ada pasien, petugas tidak panik dan tahu apa yang menjadi tugasnya.

“Simulasi ini bertujuan agar seluruh petugas gugus tugas yang ada di garis depan, benar- benar paham terhadap tugasnya dalam penanganan pasien Covid-19,” ungkapnya.

Bupati meminta, agar petugas gugus di Puskesmas maupun RSUD Poso, memahami standar penanganan pasien Covid-19 sesuai standar Word Healt Organitation (WHO).

Sementara Direktur RSUD Poso, dr. Masalinri Hasmar mengaku telah siap melaksanakan tugas sesuai dengan standar penanganan pasien Covid-19.

“Simulasi ini menjadi bagian penting dari tugas kita di gugus tugas Covid-19,” tuturnya Masalinri di lokasi kegiatan.

Masalinri menyebutkan, Hotel Wisata yang merupakan milik Pemkab Poso, akan dijadikan salah satu ruang isolasi bagi pasien berstatus ODP dan PDP ringan yang sebelumnya telah menjalani perawatan di RSUD Poso.

Masalinri menambahkan, nantinya jika pasien yang diisolasi di hotel Wisata ini, dikemudian hari kembali menunjukan gejala berat c

Covid-19, maka yang bersangkutan akan kembali dirujuk ke RSUD Poso untuk mendapatkan perawatan intensif.

” Ruang isolasi yang ada di Hotel Wisata ini akan dilengkapi tenaga medis, ADP dan prosedur standar penanganan pasien Covid-19.”  sebutnya.(a’an/jir)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60