Kisah Jeritan Erza Viona, Balita Meninggal Terbakar di Petobo

  • Whatsapp
banner Idul Adha
PALU,Brita.id– Kebakaran dua unit rumah warga di Jalan Kebun Sari I, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 16.00 Wita, Kamis (12/12/2019) mengakibatkan seorang balita meninggal dunia.
Balita berusia 2 tahun itu, bernama Erza Viona merupakan cucu Basmini (67), salah seorang pemilik rumah.
Salah seorang warga Wirsam (33) yang merupakan paman korban menuturkan, saat itu dirinya melihat rumah korban tengah dikepung asap tebal disertai kobaran api.
Dari kejauhan dirinya mendengar teriakan Erza memanggil nama neneknya.
Wirsam mencoba menerobos masuk, namun kobaran api semakin membesar dan membakar hampir seluruh bagian rumah.
Risman mengaku mencoba memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya, sambil mencoba menerobos masuk ke kamar korban yang terus menjerit memanggil neneknya.
Namun Wirsam tidak dapat berbuat banyak, dimana beberapa bagian anggota tubuhnya juga ikut terbakar.
Saat kejadian, di dalam rumah hanya ada korban Erza yang tengah tertidur di ayunan, dimana neneknya tengah beraktivitas di kebun.
Jarak rumah yang letaknya jauh dari pemukiman warga lainnya, juga menjadi faktor yang memperlambat evakuasi korban.
Selain Wirsam, jeritan korban Erza juga sempat didengar oleh Citra (18).
Selang setengah jam, tiga unit armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi dan berhasil memadamkan api, namun nyawa Erza tidak terselamatkan, ia ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.
“Kebakaran di Petobo menyebabkan seorang anak meninggal dunia,” kata Kapolres Palu AKBP H Moch Sholeh, Kamis malam.
Dugaan sementara, kobaran api berasal dari kamar depan rumah Basmini. Di kamar tersebut terdapat dua jeriken bahan bakar minyak jenis premium yang belum dipindahkan ke dalam botol eceran.
“Dimungkinkan kebakaran tersebut diakibatkan arus pendek, dimana listrik di rumah tersebut, tidak menggunakan meteran, dan disambung langsung, tepatnya di kamar depan, tempat premium atau bensin diletakan,” terangnya. 
Beberapa saat setelah kejadian, pihak keluarga dikabarkan langsung mengebumikan korban Erza di salah satu tempat pemakaman umum Kelurahan Petobo.(jir)
Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60