Yakin Dapat Cegah Corona, Bupati Tolitoli Anjurkan Warganya Makan Cengkeh

  • Whatsapp
banner Idul Adha

TOLITOLI,Brita.id- Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah, Moh Saleh Bantilan, menganjurkan seluruh warganya untuk makan buah cengkeh minimal sekali dalam sehari untuk mencegah Virus Corona atau Covid 19.

Menurut Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Arham A Jacub, imbauan itu disebarkan ke seluruh masyarakat melalui pesan singkat WhatsApp (WA).

Dalam pesan itu Bupati menuliskan pesannya “Saya menganjurkan kepada seluruh masyarakat Tolitoli untuk ikut mencegah Covid-19 dengan mengkonsumsi/memakan buah Cengkeh, ambil satu atau dua buah dengan cara digigit-gigit sambil diisap, sehingga akan terasa pedis di lidah. Saya fikir Ini paling bagus untuk mencegah Virus Corona, Insya Allah masyarakatku sehat semua, amin. Dari Gaukan Moh Saleh Bantilan,”

Menurut Arham, Cengkeh dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan juga melawan seluruh penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan.

“Ini cukup efektif sebagai cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut dan melawan kuman pada mulut,” ungkap Arham, Selasa (24/3/2020). 

Lebih jauh dirinya menyampaikan, zat yang terdapat pada Cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur yang terdiri dari mineral, vitamin, serta serat.

Dia menjelaskan, kandungan utamanya (euganol) mampu meningkatkan sistem imunitas dan sangat efektif melawan virus dan bakteri berbahaya yang menginfeksi tubuh.

“Kesimpulannya, buah Cengkeh memiliki banyak antioksidan di dalamnya yang dapat meningkatkan kesehatan dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh,” tututnya.

Tolitoli merupakan salah satu daerah penghasil Cengkeh terbesar di Sulawesi Tengah. Hampir sebagian besar masyarakat Tolitoli ada petani Cengkeh. (bayu/jir)

 

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60