Cegah Penyebaran Berita Bohong, Puluhan Jurnalis Palu dilatih Cek Fakta Online

  • Whatsapp
TAMPAK Jurnalis Kota Palu serius mengikuti materi dalam pelatihan cek fakta oleh google News Initiative (GNI) Training Network 2019 berkerjasama dengan Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) dan Internews, Ahad (12/5).(foto:ist)
banner Idul Adha

PALU, Brita.id- Sebanyak 25 orang Jurnalis di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengikuti pelatihan cek fakta yang digelar Google News Initiative (GNI) Training Network 2019 berkerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Internews. 

Dalam kegiatan yang berlangsung, di Hotel Santika, Palu Timur, Tanggal 11 hingga 12 Mei 2019, para peserta diberi pengetahuan baru soal penggunaan alat yang ada di google dalam mencari fakta berita, baik fakta data tulisan, foto, maupun video.

“Kami rasa pelatihan ini sangat penting untuk menangkal berita bohong, khususnya yang disajikan dalam bentuk pemberitaan media resmi yang memiliki badan hukum,” kata Ketua AJI Palu, Mohammad Iqbal di lokasi kegiatan. 

PULUHAN Jurnalis Kota Palu saat pelatihan cek fakta oleh google News Initiative (GNI) Training Network 2019 berkerjasama dengan Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) dan Internews, Ahad (12/5).(foto:ist)

Dia menambahkan, Palu terpilih menjadi salah satu daerah pelatihan, karena dianggap memiliki pertumbuhan media cukup pesat, khususnya media online, dan sangat rentan menjadi wadah penyebaran berita tanpa verifikasi kebenaran.

“Ada 25 jurnalis terpilih dari kota Palu yang diundang mengikuti pelatihan ini, ke depan kami upayakan untuk kembali menggelar kegiatan serupa,” tutur Iqbal.

Dalam kegiatan ini, para peserta juga dibekali tentang cara melindungi akun pribadi dari gangguan pihak luar atau peretasan.(jir) 

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60