Puluhan Lembar Surat Suara di Tolitoli Rusak Sebelum Dicoblos

  • Whatsapp

TOLITOLI, Brita.id- KPUD Tolitoli, Sulawesi Tengah menyatakan puluhan lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala (Pilkada) serentak di wilayah itu rusak.

“Saat dilakukan pelipatan, ditemukan 20 lembar surat suara rusak, 17 lembar untuk Pilbub Tolitoli, 3 lembar surat suara Pilgub Sulteng,” ungkap Ketua KPUD Tolitoli, Suleman Pajalani yang ditemui, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga

HIPMI Ramadhan

Surat suara yang cacat tersebut rencananya akan dilaporkan kepada pihak KPU Provinsi Sulteng setelah dibuatkan berita acara oleh pihak KPUD Tolitoli.

Suleman mengaku, pihaknya juga didesak untuk segera membuat laporan ke KPU Sulteng terkait surat suara rusak itu.

Sementara, jumlah surat suara yang dilipat sekitar 154.013 lembar, termasuk 2,5 persen dari jumlah 504 TPS dan 150.009 DPT.

Surat suara yang dilipat diantaranya 79 dus untuk Pilbup dan 78 untuk Pilgub yang masing-masing isinya 2.000 lembar surat suara.

“Ada juga 2.000 lembar surat suara yang dipersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi Pemungutan Suara Ulang, tetapi surat suara itu tidak dilakukan pelipatan, sedangkan untuk Pilgub masih ditampung di KPU Provinsi,” terang Suleman Pajalani.(bayu/lan/jir)

KONI Ramadhan

Pos terkait

banner 468x60