Bersama Wali Kota Hadianto Palu Menuju Smart City

  • Whatsapp

PALU,Brita.idРWali Kota Palu, Hadianto Rasyid menggelar pertemuan Palu menuju Smart city  di ruang rapat Bantaya, pukul 10.00 Wita, Selasa (02/03/2021).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido, Dewan Samrt City, sejumlah kepala OPD dan konsultan Smart City dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam kegiatan Wali kota menjelaskan, Smart City merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari.

Hal itu bertujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

“Smart City sangat bermanfaat untuk warga,” kata Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

Sementara koordinator tim Smart City ITB Jimmy menyebutkan, bahwa Smart City merupakan area perkotaan yang menggunakan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan data. Data tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai wawasan untuk mengelola aset.

Konsep dari Smart City adalah dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat IoT untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kota, serta terhubung dengan warga. Tentunya menurutnya gambaran ini sangat cocok diterapkan di Kota Palu.

Olehnya harus ada arahan dan acuan yang jelas seperti pada model kota cerdas, smart ekonomi, birokrasi dan keuangan serta infrastruktur.(juf/jir)

KONI Ramadhan

Pos terkait

banner 468x60