Pembentukan Kabupaten Donggala Utara Tersandung Rekomendasi Bupati Kasman Lassa

  • Whatsapp

PALU,Brita.id– Hingga kini Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa belum mengeluarkan rekomendasi pembentukan Kabupaten Donggala Utara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Forum Pembentukan Kabupaten Donggala Utara, Adha Nadjemuddin saat menemui Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Selasa (9/8/2021)

Berita Lainnya

Idul Adha Perindo

“Kami juga tidak tahu apa alasan yang mendasar sehingga Bupati Donggala belum mau mengeluarkan rekomendasi persetujuan pembentukan Kabupaten Donggala Utara ini,” ungkapnya.

Padahal menurutnya, dari sisi kajian akademik, dukungan masyarakat melalui Badan Perwakilan Desa, kepala desa,  peta wilayah dan rekomendasi DPRD Donggala telah terpenuhi.

Lebih jauh dirinya mengatakan, perjuangan pembentukan Kabupaten Donggala Utara telah dilakukan sejak beberapa tahun silam, bahkan kajian akademisnya rampung pada 2014.

Usulan pembentukan Donggala Utara tersebut muncul karena secara geografis memiliki jarak yang cukup jauh dengan ibu kota Kabupaten Donggala di Banawa, bahkan untuk menuju Banawa harus melintas di ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu.

Wilayah Donggala Utara dalam usulan tersebut terdiri dari Lima kecamatan yakni Balaesang, Balaesang Tanjung, Dampelas, Sojol dan Sojol Utara.(**/jir)

Pos terkait

banner 468x60