Dua Tenaga Medis di UGD RSUD Poso Positif Virus Corona

  • Whatsapp
banner Idul Adha

POSO, Brita.id– Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, menyebutkan kasus Covid -19 terkonfirmasi positif di daerah ini meningkat jadi Enam orang.

“Hari ini Selasa 28 April 2020 pasien terkonfirmasi positif dari hasil swab bertambah sebanyak Tiga orang, sehingga total pasien covid menjadi 6 orang dari sebelumnya hanya 3 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno saat dihubungi wartawan Posko Jurnalis Poso Liputan Covid-19, Selasa (28/4/2020) malam. 

Marwan menyebutkan, tiga tambahan pasien terkonfirmasi positif itu dua diantaranya petugas kesehatan yang bekerja di IGD RSUD Poso, sedangkan satunya masyarakat umum. Ketiganya diketahui positif Covid-19, setelah hasil pemeriksaan swab PCR yang bersangkutan terkonfirmasi positif dan diterima tim gugus tugas Covid-19, Selasa 28 April 2020.

Ketiga pasien terkonfirmasi positif itu yakni Ny. VU (38) alamat wilayah kerja Puskesmas Lawanga, Ny. NM (33) alamat wilayah kerja Puskesmas Tangkura dan Ny. J (26) alamat wilayah kerja Puskesmas Mapane dan merupakan orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 01 yang terkonfirmasi positif.

Ketiga pasien positif covid baru itu kata Dia,  sebelumnya berstatus Orang Tanpa Gejala atau OTG. Dari Tiga OTG itu, Dua OTG menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid Hotel Wisata yakni Ny. NM (33) dan Ny. J (26), sedang satu lainnya menjalani isolasi mandiri yakni Ny. VU (38).

“Saat ini tiga pasien terkonfirmasi positif Covid tersebut menjalani perawatan, pemantauan dan isolasi di RSUD Poso,” sebutnya. 

Dia menambahkan, dua petugas kesehatan yang bertugas di RSUD Poso yang terpapar Covid-19 itu yakni satu orang dokter umum dan satu orang perawat.

“Dua tenaga kesehatan ini terkena covid saat menangani pasien umum di IGD RSUD Poso yang sumbernya tidak diketahui pernah berkontak dengan orang yang positif dimana, ” tandasnya. 

Dia mengimbau, dengan meningkatknya kasus positif covid di Poso, masyarakat diharapkan dapat mematuhi imbauan pemerintah seperti memakai masker saat keluar rumah, tetap menjaga jarak atau phisycal distancing,  cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan tetap di rumah,  jika tidak ada keperluan mendesak di luar serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS).(aan/Jir)

Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60