Kampung BPKH Penyintas Bencana Sigi Resmi Dibangun

  • Whatsapp
banner Idul Adha
SIGI,Brita.id- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng Rumah Zakat dalam membangun Kampung BPKH bagi penyintas bencana di Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (24/10/ 2019).
Pembangunan proyek beranggaran Rp4,3 miliar ini, ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama oleh Bupati Sigi, Muhammad Irwan Lapata, Pimpinan Pusat Majelis Dzikir Nurul Khairaat, Muhammad Sholeh Al Idrus (Habib Rotan), Anggota Badan Pelaksana BPKH, Bidang Investasi, Beny Witjaksono dan CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.
Bupati Irwan Lapata mengaku, sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh BPKH.
 
“Ini sangat membantu warga penyintas bencana. Saya juga berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pelaksanaan kegiatan ini,” di lokasi kegiatan.
 
Sementara Beny Witjaksono menjelaskan, kehadiran BPKH dalam membantu proses pemulihan dan rehabilitasi  Palu, Sigi dan Donggala merupakan bagian dari amanat Undang-undang nomor 34 Tahun 2014, tentang pengelolaan keuangan haji, yang berkewajiban memberikan kemaslahatan dan meningkatkan kesejahteraan umat.
Kampung BPKH merupakan program bantuan terintegrasi, selain pembangunan rumah sehat ramah gempa, di lokasi itu juga akan dibangun masjid, klinik, sarana air bersih, serta pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat penyintas bencana Sigi.
“Semoga ini dapat memenuhi kebutuhan para penyintas yang kehilangan tempat tinggal dan tempat ibadah” ungkap Beny.
Sebanyak 100 kepala keluarga yang akan menghuni kampung BPKH, berdasarkan rekomendasi pemerintah Kabupaten Sigi.
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi berharap bantuan ini dapat mempercepat kebangkitan Sigi pascabencana.
“Harapan kita semua Sigi bangkit, dan masyarakat dapat lebih maju,” singkatnya.
Humas Majelis Dzikir Nurul Khairaat, Adi mengatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan pembangunan Kampung BPKH Sigi.
“Apapun yang terbaik untuk warga penyintas bencana, pasti kami dukung, satu tahun pascabencana 28 September 2018 telah berlalu, namun semangat membangun harus tetap tumbuh,” katanya.
Peresmian Kampung BPKH Sigi juga dihadiri pejabat kecamatan dan desa, serta masyarakat sekitar.(srd/jir)
Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60