Melirik Upaya PT ANA Morowali Sejahterakan Masyarakat Melalui Kebun Plasma

  • Whatsapp
banner Idul Adha
MOROWALI,Brita.id– PT Agro Nusa Abadi (ANA) sebagai cabang perusahaan Astra Agro Lestari Tbk, secara resmi menjalin kerjasama kemitraan pembangunan dan pengoperasian kelapa sawit dengan Desa Bungingtimbe, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, di Makassar akhir pekan lalu.
Kepala Desa Bungintimbe, Kisran mengatakan, kerjasama tersebut ditandai dengan teken nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Desa Bunging Timbe dan PT ANA yang melibatkan 10 kepala dusu dan Badan Perwakilan Desa (BPD).
Dalam MoU tertuang bentuk kerjasama dalam mengelola 2.000 hektare kebun sawit, termasuk kebun plasma yang disiapkan oleh pihak perusahaan bagi warga setempat.
“MoU sudah jelas, sisa pelaksanaannya,” ungkap Kisran, kepada Brita.id.
Dirinya menambahkan, sebelumnya di akhir Tahun 2018,  PT ANA telah memberikan Rp4,7 Miliar melalui koperasi maju bersama Bungintimbe untuk 560 kepala keluarga di desa itu. Dana itu diambil dari hasil operasional perusahaan kelapa sawit itu sejak Enam tahun terakhir, yakni priode 2012 hingga 2018.
Legal Area PT ANA, Oka Arimbawa mengatakan, selain kerjasama, pihaknya juga memberikan pemahaman ke masyarakat terkait manfaat perusahaan kebun sawit yang dapat memberikan multi efek kepada masyarakat.
“Kita sudah sepakat dengan masyarakat. Kami undang semua kepala dusun, BPD hingga koperasi bahwa kesepahaman antara pihak perusahaan dan warga setempat sudah ada dan ini simbol dari kesepahaman itu,” ucap Oka. 
Berdasarkan aturan yang ada, dari seluruh areal kebun kelapa sawit yang dimiliki pihak perusahaan, 20 persen tetap menjadi milik masyarakat atau kebun plasma yang pengelolaannya tetap dilakukan perusahaan namun benefitnya akan dikembalikan kepada masyarakat melalui koperasi desa.
Community Development Area Manager Area C2 PT ANA, Agung Senoaji menambahkan, PT ANA berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat, selain kerjasama kemitraan plasma, juga ada program beasiswa buat warga setempat melalui sekolah serta fasilitas posyandu di berbagai desa dengan memberikan makanan tambahan kepada peserta didik berupa bubur atau susu.
Dirinya mengatakan program ini akan terus ditingkatkan, sehingga masyarakat semakin merasakan manfaat  PT ANA di di wilayah mereka.(adi)
Idul Fitri Kab Morowali

Pos terkait

banner 468x60